Review Buku Sumur dari Eka Kurniawan

Cover buku SUMUR
Sumur

Buku baru dari penulis Eka Kurniawan yang baru aku baca adalah Sumur. Buku yang bisa diselesaikan hanya dengan lima sampai sepuluh menit ini adalah cerita pendek. Dan isi bukunya hanya itu saja. Jadi bukunya lumayan tipis. Dan bukunya kecil, semacam buku saku. Cover dan desainnya bagus, karena ada ilustrasinya. Buku ini terdiri dari lima puluh halaman.

Jadi buku ini bercerita tentang seorang pemuda-pemudi kasmaran bernama Toyib dan Siti yang tinggal di sebuah desa asri. Entah kenapa desa tersebut banyak mengalami kesukaran pasca meninggalnya seorang warga akibat perkelahian. Bencana alam silih berganti menimpa desa tersebut yang membuat mereka harus kesusahan mendapatkan air bersih, bahkan harus mengambilnya ke sebuah sumur tua di atas bukit yang merupakan sumur satu-satunya yang tersisa.

Cover dan desain buku Sumur
Cover buku SUMUR

Dari sanalah muasal cerita di buku ini. Tragedi demi tragedi berdatangan. Gambaran tentang hidup itu terasa suram dan pedih dalam cerita ini. Dan realitanya memang seperti itu. Dan endingnya cukup mencengangkan. Cerita Pendek ini bertemakan Climate Change atau perubahan iklim yang menimpa bumi. Dan epiknya dibalut dengan cerita romance.

Oh ya, cerita pendek ini masuk ke dalam nomine Man Booker International Prize 2016 dan peraih Prince Claus Laureate 2018. Dan pertama kali terbit dalam bahasa Inggris di antologi Tales of Two Planets dengan judul “The Well” yang diterbitkan oleh Penguin Books pada tahun 2020.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.