Belajar Bahasa Jepang Online di Masa Pandemi

Belajar Bahasa Jepang Online di Masa Pandemi

Assalamualaikum wr. wb

みなさん。こんにちは。

Di tengah pandemi corona yang tidak menentu. Jungkir-balik rasanya dunia ini. Bertahan dan berdamai dengan keadaan adalah kata yang dirasa pas untuk bisa tetap berjalan di hari-hari yang terasa berat. Ada banyak cara yang dilakukan orang-orang agar tetap menjaga jiwa dari kewarasan, seperti melakukan hobi. Ada yang memelihara cupang, berkebun, nonton film, bersepeda, ikut kursus atau seminar online dan lain sebagainya.

Saya sendiri pilih untuk mengisi dengan mengikuti seminar dan pelatihan online. Mengambil kursus online Bahasa Jepang salah satunya. Selama pandemi ini saya jadi lebih banyak berpikir dan merenung. Saya teringat, dulu saya pernah punya keinginan untuk bisa Bahasa Jepang dan pergi ke sana. Dulu juga saya pernah belajar Bahasa Jepang di kampus selama dua semester. Tapi semenjak lulus kuliah, dan bekerja, semua itu seakan menguap.

Minna No Nihongo I みんなの日本語 I

Semenjak itu saya menjadi tersadar. Mungkin saat inilah waktu yang tepat untuk membangun mimpiku lagi. Target saya untuk sementara N4. Dan saya sudah mempersiapkan segala sesuatunya dari bulan Mei. Seperti membeli text book Minna No Nihongo I みんなの日本語 I dan Kanji Card N5 untuk persiapan. Tidak lupa saya belajar Hiragana-Katakana, persiapan sebelum masuk kelas. Padahal saya juga belum daftar di tempat kursus manapun. Untuk persiapan saja.

Tidak lama berselang, saya dapat informasi tentang tempat belajar Bahasa Jepang dari seorang teman. Wah, pucuk dicinta ulam pun tiba. Saya pun cari tau lebih lanjut. Alhasil bulan Juni lalu saya sudah mulai belajar Bahasa Jepang hingga sekarang. Dan ternyata tidak semudah itu belajar Bahasa Jepang. Menurut saya ini lebih butuh perjuangan lebih daripada belajar Bahasa Inggris. Hehe

Kanji Card N5

Pertama harus belajar aksaranya seperti, Hiragana, Katakana, dan Kanji yang jumlahnya ribuan. Struktur kalimatnya agak berbeda dari Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dan masih banyak lagi. Meskipun begitu, jika kita sudah niat dan tau tujuan kita apa belajar Bahasa Jepang, Insya Allah akan dilancarkan. Yang penting kita sudah berusaha maksimal. Dan tidak menyerah untuk belajar. Saya percaya itu. Buat yang lagi belajar, semangat ya. がんばりましょう。ありがとうございます。

2 Comments

Miyosi Posted on10:47 pm - September1, 2021

Subarashii

    beniananto Posted on7:49 pm - September4, 2021

    Arigatougozaimasu Miyosi San.

Leave a Reply